Google Wallet alat pembayaran dengan ponsel

Google telah menemukan solusi untuk melakukan pembayaran melalui telepon yaitu dengan menggunakan layanan Google Wallet. Tidak hanya sekedar ponsel, dengan adanya Google wallet, ini akan menjadi semacam dompet. Untuk melakukan pembayaran, anda cukup mendekatkan ponsel ini pada alat bayar di kasir. Google wallet menggunakan teknologi near field communication(NFC) yang sudah diterapkan di sejumlah smartphone model terbaru.

Bagi para pengguna smartphone Nexus S 4G yang berlangganan Sprint dapat mencoba layanan tersebut lewat OTA (over the air) update. Untuk sementara, layanan ini baru mendukung pembayaran dengan kartu kredit Citi Mastercard dan Google Prepaid Card. Khusus untuk pengguna Google Prepaid Card akan mendapatkan bonus 10 dollar AS jika mengaktifkannya pada Google Wallet sampai akhir tahun. Namun, ke depan juga akan didukung Visa, Discover, dan American Express.

“Tujuan kami adalah membuat Anda memasukkan semua pembayaran kartu kredit ke Google Wallet sehingga Anda dapat mengatakan selamat tinggal termasuk kepada dompet tradisional Anda,” menurut Bedier (Vice President of Payments Google).

Agar dapat memanfaatkan layanan ini dibutuhkan smartphone yang mendukung teknologi NFC. Chip NFC diperkenalkan Google pertama kali pada smartphone Android Nexus S yang menggunakan software Android 2.3 atau Gingerbread. Selain itu, pembayaran juga dapat dilakukan pada gerai-gerai yang sudah menggunakan terminal pembayaran NFC dan mendukung Google Wallet.

 

This entry was posted in Science and technology and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>